Album Minggu #11 - Hidden Object Game

Monday, January 20, 2014

Halo..
Apa kabar nih.. Nggak kerasa ya satu minggu itu berlalu dengan cepat sekali.. Rasanya baru aja ngejalanin minggu tenang, dan minggu kemaren masih heboh sama UAS.. Mungkin nggak akan kerasa bentar lagi skripsi, terus sidang, terus wisuda deh.. Amiiiiiin!!

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa setiap hari Minggu itu jadwalnya Album Minggu. Dan seperti yang kita ketahui bersama juga, Album Minggu itu nggak melulu harus ngomongin lagu. Makannya, di postingan kali ini dan dalam hari Minggu menjelang Senin yang nyantai ini saya pengen ngebahas game, tepatnya hidden object game. Nah, biar afdol, nyanyiin jingle nya dulu yuk! One.. Two.. Three.. Go!
Album minggu.. Album minggu.. Album minggu..
Album mingguuuu kitaaaaaaaaa..
Nah kalo udah nyanyi, baru deh saya mau mulai posting! Lebay ihh Nola!! Hahaha..
Well, ngomong-ngomong masalah game dan ngegame, sebenernya saya bukan gamers sejati yang selalu up to date tentang game-game terbaru dan saya juga bukan orang yang aktif di forum-forum game. Banyak yang bilang maen game itu buang-buang waktu, konon buang-buang waktunya maen game itu sama halnya dengan nongkrong sana sini, atau chatting haha-hihi berjam-jam. Duniawi banget ya? Ummm, saya bukannya nggak suka sama beberapa hal yang sudah saya sebutkan tadi, tapi saya sih orangnya simple, kalo ada ya jalanin, kalo nggak ada ya santai aja, karena masih banyak hal penting lainnya yang harus saya kerjakan kok. Bahkan untuk beberapa hiburan lainnya nih ya, misalnya nonton film dan baca buku, saya juga bukan orang yang terlalu neko-neko dan harus selalu ngikutin trend. Seringnya saya baru sempet nonton film dan baca buku justru ketika film dan buku itu masa-masa trendy nya udah lewat jauh banget. Hahaha.. Itu pun nonton film dan baca buku nya karena ada temen yang ngasih file film dan minjemin buku nya ke saya yang hina dan papa ini. Duh, parah banget ya.. Huhuhu.. Eummm, balik lagi ke obrolan kita tentang game, game-game yang akan saya bahas di postingan kali ini juga bukan game yang saya cari setengah mati nih, guise! Beruntungnya saya, saya punya temen sekantor (kantor waktu itu, red.) yang suka maen game. Jadilah saya dikasih game sama dia. Orang baik sang pemberi game itu adalah A Deden. *tepuk tangan meriah* A Deden ini selain jadi sumber file-file game yang seru, beliau juga jadi temen diskusi akan kebodohan saya mengenai laptop MBP yang saya miliki. Hahaha.. Semenjak saya pake MBP, saya tuh sering bingung masalah software, hardware, dan cara pengoperasian Mac OS. Beruntunglah saya kenal A Deden yang udah bertaun-taun malang melintang kerja pake Mac OS. Terimakasih A Deden!

Oke.. Langsung aja deh ya kita bahas 5 game hidden object yang udah saya mainin dan saya babat sampe tamat! Let’s..

Red Crow Mysteries Legion  By Cateia Games Hidden Object Game
Red Crow Mysteries Legion
By : Cateia Games
Di game ini kerasa banget aura spookynya, karena memang di game ini kamu akan dibawa kepada sebuah kisah dimana seorang anak perempuan yang mendapatkan semacam wangsit dari arwah ibunya sendiri tentang sebuah kekuatan magis yang dimiliki oleh si anak perempuan itu. Dan karena anak perempuan itu memiliki sebuah kekuatan magis, maka dia wajib untuk mememecahkan sebuah misteri yang tersembunyi di rumahnya sendiri. Nah misteri-misteri ini lah yang jadi ajang kamu untuk seru-seruan mainin games Red Crow Mysteries Legion ini. Tapi berhubung saya cuma maenin free trial versionnya aja, jadi saya nggak tau deh kesananya game ini masih seru atau boring. Ya kalo kamu tertarik maenin game ini, langsung aja download gamenya.

Dark Mysteries The Soul Keeper  By Cerasus Media
Dark Mysteries : The Soul Keeper
By : Cerasus Media
Game ini katanya dibikin berdasarkan novel karya HP Lovecraft. Game berlatar belakang sebuah pulau bernama pulau Pawtuxet ini ceritanya ala-ala detektif gitu, karena game hidden object ini akan menguji keterampilan investigasi kamu saat dalam perjalanan memecahkan misteri keluarga Ward. Di game ini juga, kamu harus menyelesaikan ritual mengusir roh jahat yang menggunakan jiwa manusia untuk menjadi immortal, dan kalo kamu nggak berhasil mengusir roh jahat ini, maka jiwa kamulah yang akan jadi korban berikutnya! Tetep lah kerasa hawa-hawa spooky di game ini, apalagi grafis game ini yang lumayan kece, bisa bikin kamu merinding ketika lagi enjoy nyari hidden object atau lagi mecahin mini game-nya. Game ini agak ribet karena saya harus bolak-balik ke semua tempat untuk ngumpulin beberapa missing items yang dibutuhkan, tapi ya ketika barang-barang yang harus didapetin itu berhasil ditemuin, sensasi puas dan bahagianya luar biasa! Ya puas dan bahagianya tuh ibarat udah lama jomblo, terus ketemu jodoh gitu deh. Hahaha..

Dark Strokes Sins of the Fathers  By Alawar Entertainment
Dark Strokes : Sins of the Fathers
By : Alawar Entertainment
Nah, ini seru nih! Ini adalah game yang saya maenin bareng A Deden, dan kita nyebutnya game ‘Dosa Si Bapa’. Hahaha.. Actually, saya nggak bener-bener maen game ini bareng berduaan sih, saya maen di rumah dan A Deden maen di kosannya, maksudnya 'bareng' disini adalah kita mulai maenin game ini dengan waktu yang bersamaan, gitu lho! Hihihi.. Saya maenin game ini agak lumayan napsu, soalnya selain gamenya bikin deg-degan karena tiba-tiba suka muncul tokoh yang disebut dengan ‘Faceless Ones’, game ini lumayan banyak misteri yang harus dipecahkan dengan tingkat keribetan yang sukses bikin saya stuck berkali-kali tapi sukses juga bikin saya penasaran setengah mati karena saya sedang berkompetisi adu cepet sama A Deden untuk namatin game ini. SERUUU GILAAA!! Oke, jadi ceritanya di game ini kamu harus ngebantu seseorang bernama Ethan Black untuk nyelametin Clair –calon-pengantinnya-si Ethan- yang diculik oleh sesosok makhluk jahat bernama ‘Faceless Ones’ yang udah saya bilang sebelumnya. Berlatar belakang di sebuah kota yang hampir hancur, sambil berinteraksi dengan sisa penduduk di kota itu, kamu bakal nikmatin banget petualangan Ethan yang berbumbu misteri supranatural dan konfrontasi dramatis yang seru di sepanjang permainan. Game ini bisa dibilang semacam petualangan ‘demi cinta’ gitu lah ya.. Petualangannya kaya gimana, seberapa mistis, dan seberapa dramatisnya game ini, cuma bisa kamu dapetin kalo kamu udah download gamenya dong ahh.. Gih sana download, kan ada internet! Hahaha.. *padahal saya aja dapetin gamenya gratisan*

Angelica Weaver Catch Me When You Can  By Mumbo Jumbo
Angelica Weaver : Catch Me When You Can
By : Mumbo Jumbo
Catch Me When You Can. Nama game ini sepintas mirip sama judul sebuah film ya? Well, tapi game ini sama sekali nggak ada hubungannya dengan film berjudul ‘Catch Me If You Can’ lho. Di game dengan berlatar belakang jalanan dan pemukiman di sebuah lokasi di kota Chicago ini, akan menggiring kamu untuk membantu seorang wanita bernama Angelica Weaver. Angelica Weaver adalah seorang detektif di satuan tugas khusus di Chicago. Kenapa eh kenapa dia ada di satuan tugas khusus? Karena eh karena Mbak Angel (biar akrab, red.) ini punya kemampuan khusus untuk bisa berhubungan dengan arwah dari orang yang sudah mati dan dia juga memiliki kemampuan ‘supersensory visions’ yang dapat menghubungkannya dengan orang, tempat, dan kejadian di masa lalu. Mungkin itu sebabnya di game ini Mbak Angel sering pegang-pegang kepala kaya orang pusing, karena ternyata di saat itulah beliau sedang terhubung dengan masa lalu. Kasian Mbak Angel, selain pusing sama tugas negara, kayanya pusing juga sama mantan yang seliweran di kepalanya ya. Yuk doain Mbak Angel biar cepet move on. LHO KOK JADI NGACO!! Hahaha.. Oke balik lagi ya.. Namanya juga lagi jadi detektif, makannya di game ini kamu akan disuguhkan dengan berbagai persoalan yang menuntut kedetilan. Serunya game ini, kamu akan ngerasa kalo kamu beneran jadi detektif, karena kamu bakal urusan sama data base di komputer dan harus foto-foto barang bukti pake smartphone gitu. Meskipun agak ribet, kamu nggak usah khawatir karena Mbak Angel ini akan bertengger di footer dan setia memandu kamu sambil kasih narasi dengan suaranya yang kalem disepanjang permainan. Penasaran sama serunya? Gih cobain gamenya. Kalo lagi maenin gamenya, jangan lupa ngedipin mata ya! Hahaha..

Mortimer Beckett and the Crimson Thief  By Paprikari
Mortimer Beckett and the Crimson Thief
By : Paprikari
Siapa yang nggak tau Mortimer Beckett? Kurang terkenal apalagi nih doi, kerjaannya mecahin misteri melulu. Adaaaaa aja persoalan dalam hidupnya.. Hahaha.. Oke.. Game yang terakhir ini, merupakan game hidden object favorit saya. Well, sebenernya apapun gamenya -asal-genrenya-hidden-object-game- saya pasti suka. Jadi sebenernya saya suka sama game Mortimer Beckett tuh justru karena saya punya 2 seri game Mortimer Beckett lainnya yang juga udah saya babat habis, yaitu 'Mortimer Beckett and The Secrets of Spooky Manor' dan 'Mortimer Beckett and the Time Paradox'. Hohoho.. Puasnya bukan main! Nah di seri Mortimer Beckett and the Crimson Thief ini, Mortimer harus keliling ke beberapa kota di beberapa negara, yaitu Paris, Rio de Janeiro, Philadelphia, London, Moscow, Beijing, Cairo, dan Rome untuk memperbaiki artefak sejarah yang ada di lokasi-lokasi tersebut. Semua hal ini Mortimer lakukan karena ulah nakal dari seorang kriminal dengan julukan ‘The Crimson Thief’ yang sudah mencuri artefak-artefak sejarah dari seluruh dunia. Dengan maenin game ini, kamu bakal ikutan keliling dunia sambil pusing bareng Mortimer. Di game ini, teka-tekinya menantang banget! Soalnya untuk memecahkan satu misteri di satu negara, kadang kamu harus bolak-balik ke beberapa tempat di negara tersebut. Dan yang paling menantang dari game ini sebenernya dari segi grafisnya. Kenapa? Soalnya gambarnya lumayan renyek-renyek blur dan bakal bikin kamu kesulitan untuk bedain yang mana item yang bisa berinteraksi dan mana yang enggak. But well, game ini selain ngasah otak karena kamu harus ngatur strategi, game ini juga menuntut kesabaran kamu karena recharge hint nya juga lumayan lama. Yah nggak jauh beda lah sama ngejalanin hidup, harus tetep usaha, nggak boleh nyerah, dan sabar. Yoi nggak? Hihihi..

Fiuhhh, selesai juga nih ngebahas hidden object game.. Cape juga yah ternyata.. Hahaha.. Nah, ngomong-ngomong tentang pendapat bahwa maen game itu nggak bagus, ada benernya dan ada enggaknya. Pada dasarnya, semua game berpotensi menimbulkan kecanduan, tapi kalo kita bisa mengatasinya dan kita tau batas sih fine-fine aja kok. Jadi sebenernya yang bikin maen game nggak bagus itu ya ketika kamu terbius candu-nya yang bikin kamu ngegame berlebihan, sampe lupa makan, lupa tugas, lupa hari, lupa pacar (kalo punya, red.), bahkan sampe lupa diri lah pokonya. Tapi, untuk jiwa-jiwa yang sedang dirundung kebosanan, bermain game itu bisa menimbulkan rasa senang dan bahagia, apalagi ketika kamu berhasil memenangkan game dan berada di posisi teratas pada leaderboard game. Buat saya sendiri sebagai seorang digital strategist, maenin hidden object game itu terbukti ngebantu saya dalam bikin beberapa strategi di kerjaan saya, mulai dari ngelatih ketelitian sampe ngelatih berfikir taktis! Hehehe.. Beberapa pendapat dan penelitian mengenai dampak dari bermain game menyebutkan :
"If you want to stay mentally sharp, you have to give your brain a workout. One of the best ways to do this is to play online games that pit you against the time. When you have a limited amount of time to accomplish the main task, your mind is forced to think fast. There are many online games that can give your brain a workout - I think that hidden object games are perfect for this purpose. They are fun, most of them have an interesting story and offer solving a different puzzles. Just be careful - these games can be so addictive." -TanjaBogdanoska, YahooContributor Network dalam KeepYour Brain Active and Healthy
"Our paper shows that cognitive flexibility, a cornerstone of human intelligence, is not a static trait but can be trained and improved using fun learning tools like gaming," -Dr. Brian Glass, of the School of Biological and Chemical Sciences at Queen Mary University of London dalam Strategy-Based Video Games, Like Starcraft, Improve Brain's 'CognitiveFlexibility'
Nah dengan adanya penelitian yang saya sertakan di postingan ini, bukan berarti menjadi sebuah pembenaran buat kalian yang suka nge-game sampe nggak kenal waktu lho ya.. Well, Seperti yang kita tau sekarang game itu kan bukan cuma game yang terinstall di PC atau laptop doang, tapi udah semakin berkembang jadi social network game yang jadi fitur andalan social network channel, misalnya Facebook yang udah dari dulu beken banget sama game Farmville, Pet Society, The Sims Social dan beberapa waktu yang lalu sempet nge-hype banget yang namanya game Candy Crush. Bahkan sekarang social network game juga udah jadi salah satu fitur andalan untuk aplikasi Instant Messaging, misalnya IM Client ‘Line’ yang punya game Line Pop dan Pokopang yang bikin manusia jadi asik sendiri sama gadgetnya, pleus notifnya bikin pengen muntah pelangi. Hahaha.. Nah, mengenai social network game ini didukung oleh pendapat dan penelitian berikut :
"Online gaming is connecting your gaming console to other gamers through the Internet and playing with them or against them in a variety of games. Online gaming creates social relationships between gamers. Gaming is becoming a more an easier and more socially acceptable way to interact with people." -lebrilla dalam Online Gaming and Voice Communication
"Online gaming has already become a commonality in the youth market. An astounding 65 percent of students are gamers." -Pew Internet and American Life Project Villarreal, 2003 dalam Online Gaming and Voice Communication
Bahkan nih ya, beberapa brand pun nggak mau kalah bikin campaign dengan ngejadiin advergame sebagai salah satu senjatanya. Yep, untuk sebuah brand, social network game itu menjadi sarana untuk ningkatin engagement dengan para fans dan followersnya. Sementara untuk pribadi, mainin social network game selain bisa mempererat hubungan sama temen-temen kamu, bisa nambah temen baru, juga bisa jadi sarana modus, misalnya dari saling ngebantu di game ehh malah bisa jadi makin deket di kehidupan nyata! Ataaaauuuu, social network game malah bisa bikin kamu makin jauh sama gebetan karena notification game dari kamu ke gebetan ternyata malah ngeganggu! Nah loh! Makannya jangan kebanyakan modus! Hahaha..

Duh, dari ngomongin hidden object game kenapa jadi meluas sampe ngomongin social network game dan advergame ya? Bingung sendiri nih jadinya! Etapi kece banget dong ya postingan kali ini, meskipun ngebahas tentang game, tapi di akhir postingan saya tambahin dengan pendapat para ahli gitu.. Hihi.. Mungkin faktor bentar lagi nyusun skripsi dan faktor kecintaan saya terhadap dunia digital yang masih menyertai setiap denyut nadi saya ini turut mempengaruhi tipe postingan ya.. Tsaaaah.. Intinya, bro! Maen game itu boleh, tapi jangan berlebihan. Kan Tuhan nggak suka dengan segala hal yang berlebihan. Yoi nggak? Kalo tips dari saya sih, supaya maen game nggak berlebihan, coba jadikan bermain game itu sebagai sebuah hadiah atas kerja keras kamu selama periode waktu tertentu. Jadi kamu baru bakal maen game, kalo semua kewajiban baik itu tugas ataupun kerjaan lainnya sudah selesai. Gitu.

Oke, sepertinya tips dari saya menjadi penutup untuk postingan Album Minggu tentang hidden object game -yang-meluas-sampe-ke-social-network-game-dan-advergame- ini.. Hihi..

Selamat menjalankan hari Senin dengan gemilang ya!

Ciao~

4 comments:

  1. serial number sins of the fathers nya boleh dong dibagi :3.. maaci,, qaqa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Anonymous.. Saya punya file app gamenya yang udah siap dimainin secara full di Mac OS nih.. Jadi ndak tau serialnya.. XD Maap yak, tapi kalo mau, nanti aku share file app gamenya.. ;)

      Delete
  2. bole dong share link nya.. ya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi anonymous..
      Maaf baru bales nih.. Silahkan file app nya bisa kamu ambil di https://drive.google.com/file/d/0BzE-ipYaN1hVQnF4VFlSSWxUTVU/edit?usp=sharing ya..
      Enjoy the game.. ^^

      Delete